Desain content untuk umkm

Pada tugas content marketing ini, saya membuat ide promosi untuk produk snack yang ada di kafe kami (cafe milik keluarga, yang kebetulan masih baru buka atau bisa dibilang UMKM). Target utamanya adalah anak muda yang suka nongkrong atau aktif di media sosial. Konten ini dibuat supaya lebih banyak orang tahu kalau snack di kafe kami bisa jadi pilihan cemilan enak dan kekinian. Harapannya, audiens jadi tertarik untuk mencoba saat berkunjung ke kafe.  sekaligus menjadi penilaian untuk tugas digital merketing saya. 

Disini alat dan bahan yang saya gunakan adalah pensil,pulpen,penghapus, dan selembar kertas gambar.

Saya juga menggunakan Pinterent untuk mencari referensi, dan mencari bahan editing saya.

A. Skesta kasarnya

  • Sketsa 1

sketsa pertama saya, saya ingin menampilkan lima menu dessert dengan foto makanan dalam lingkaran, harga tertera di tiap menu, serta ilustrasi tangan hitam-putih yang menunjuk atau “memegang” piring untuk memberi kesan playful dan menarik. Tak lupa menambahkan informasi kontak dan logo brand.

  • Sketsa 2

Pada sketsa ini, saya ingin menonjolkan menu baru dengan konsep “(judul)” untuk menarik perhatian. Bagian atas ada judul besar sebagai highlight, lalu di bawahnya makanan dibagi per kategori: (nama nama menut). Setiap menu ditampilkan dengan foto jelas, nama makanan yang mudah dilihat. Warna background dibuat kontras agar tiap kategori terlihat berbeda dan lebih hidup.

  • Sketsa 3
Sketsa yang ini saya ingin menampilkan tiga varian minuman  yang menjadi highlight "judul".  Bagian tengah diisi dengan foto minuman (nama product) yang disusun rapi agar terlihat seimbang. Judul besar diletakkan di bagian atas dengan warna cerah untuk memberi kesan segar dan sesuai tema. Setiap minuman diberi keterangan singkat di sisi kiri/kanannya, sehingga audiens langsung tahu rasa dan keunikannya. Di bagian bawah, ada tombol ajakan (Beli Sekarang), harga mulai dari --K, serta informasi kontak kafe, membuat desain ini tidak hanya menarik tetapi juga informatif dan fungsional.
  • Sketsa 4

Poster ini menggunakan konsep kalender untuk memberi kesan “(tujuan desain)”. Judul besar ditempatkan di atas agar langsung menarik perhatian. Ada 2 gambar makanan utama  yang dipasang di kotak tanggal tertentu. Catatan tempel kuning menambah kesan santai dan playful, cocok untuk anak muda. Bagian bawah dilengkapi informasi reservasi dan kontak media sosial, sehingga mudah. dihubungi.

  • Sketsa 5
Di sketsa ini saya ingin menampilkan enam varian menu dengan gaya visual yang bersih dan rapi. Tiap menu ditampilkan dengan foto produk di samping, lalu diberi nama tebal dan deskripsi singkat di bawahnya, menjelaskan rasa utama Arah panah melingkar digunakan untuk menghubungkan nama dan gambar, memberi kesan playful tapi tetap jelas. Layout vertikal memudahkan pembaca untuk membandingkan tiap pilihan menu secara cepat.
  • Sketsa 6 
Sketsa poster ini saya buat dengan konsep minimalis dan elegan. Bagian tengah diposisikan foto utama produk, agar langsung menarik perhatian. Kemudian, di bagian atas terdapat judul besar dengan font dekoratif untuk memberi kesan premium. Warna latar dipilih netral supaya fokus tetap pada produk. Tambahan teks sederhanauntuk detail kecil ditempatkan di sisi kiri dan kanan sebagai aksen, sementara nama produk dan deskripsi singkat ditempatkan di bagian bawah agar informasinya jelas.

Dari desain sketsa yang saya buat saya sangat tertarik pada desain sketsa ke-4, karena menarik dan jarang saya temukan.

B. Desain digital

Saya mengedit melalui aplikasi canva,  Dari sketsa yang sudah dibuat, desain visual saya kembangkan dengan gaya yang lebih menarik dan siap dipublikasikan



  • Judul utama: “Snack Time!” dengan font tebal berwarna merah cerah, membuat poster langsung menarik perhatian dan memberi kesan fun.
  • Elemen utama: Kalender sebagai latar belakang, memberi kesan bahwa snack di kafe bisa jadi bagian dari rutinitas mingguan.
  • Foto snack: Ditampilkan di beberapa tanggal, seperti Cheese Fries dan Mini Pancake, dengan pencahayaan yang jelas sehingga menggugah selera.
  • Tambahan visual: Sticky note kuning dengan tulisan “Fill up your tummy with (nama menu)” yang memberi aksen playful dan lebih hidup, sekaligus menjadi call-to-actionnya.
  • Informasi tambahan: Kontak WhatsApp dan Instagram kafe di bagian bawah untuk memudahkan reservasi dan interaksi audiens.
  • Logo kafe: Diletakkan di pojok kanan atas agar brand tetap terlihat jelas.

Posting Komentar

0 Komentar